Campus News, Information for Student

Mahasiswa PPL STIT Muhammadiyah Bojonegoro adakan Pelatihan Budidaya Hortikultura bagi siswa SMK M 1 Sumberrejo (SMK MAHASA)

06 February 2024 10:00
Share
  • action.share.whatsApp
  • action.share.copy

Shinta : Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan ini tidak lain adalah untuk memupuk dan mengeksplor potensi siswa yang beragam

stitmubo.ac.id., Bojonegoro. Pada Selasa, 6 Februari 2024 Mahasiswa PPL dari STIT Muhammadiyah Bojonegoro (STITMUBO) mengadakan pelatihan budidaya hortikultura belimbing bertempat di halaman SMK Muhammadiyah 1 Sumberrejo (SMK MAHASA) Bojonegoro.

Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI semua jurusan dari SMK MAHASA.

Pelatihan ini mengangkat tema "Melestarikan Alam" dibimbing oleh praktisi perkebunan Abdul Djalal sekaligus merupakan mahasiswa PPL STITMUBO.

Pelatihan dibuka oleh Waka Kurikulum Bapak Rosyidiyanto, S.T. beliau memberikan motivasi kepada para peserta agar memiliki semangat dalam mengembangkan keterampilan dalam bidang apapun.

Proses Budidaya Hortikultura tergolong cukup sederhana. Dimulai dengan mempersiapkan media tanam dengan membuat lubang di tanah dengan kedalaman kurang lebih 20 cm. Selanjutnya perlu disiapkan bibit varietas unggul dengan tujuan kelak mudah berbuah. Kita juga perlu mencampurkan pupuk dari kotoran hewan yang telah difermentasi ke dalam tanah media tanam kemudian selanjutnya pemberian pupuk dilakukan rutin sebanyak dua kali dalam satu bulan atau sesuai kebutuhan. Setelah bibit ditanam, jangan lupa disiram dengan air secukupnya. Kita juga perlu melakukan pengamatan ekosistem di sekitar bibit yang telah ditanam. Apabila terdapat hama maka perlu dilakukan penyemprotan anti hama.

Pelatihan ini diikuti seluruh peserta dengan antusias. "Kami harap ada kelanjutan dari pelatihan ini  supaya dapat dipraktekkan" ujar Hamdhalah, salah satu peserta pelatihan.

Shinta, salah satu penyelenggara kegiatan berujar bahwa tujuan dari diselenggarakannya pelatihan ini tidak lain adalah untuk memupuk dan mengeksplor potensi siswa yang beragam, dalam upaya mengembangkan kompetensi, karakter juga sebagai sarana untuk mengenalkan kepada siswa tentang budidaya hortikultura, potensi lokal, dan melestarikan lingkungan yang ada. 

Selain itu, kita juga akan mendapatkan keuntungan yang sepadan dengan melakukan budidaya ini, yakni mendapat buah serta bersedekah kepada banyak orang berupa oksigen yang dihasilkan oleh pohon

Campus News

Show Campus News

Information for Student

Show Information for Student