Berita Kampus, Informasi Mahasiswa

Es Teh : Manisnya peluang Usaha Praktek dalam perkuliahan Bidang Studi kewirausahaan Prodi PGMI STITMubo

06 Oktober 2025 16:44
Share
  • action.share.whatsApp
  • action.share.copy

Bojonegoro, Senin,6/10/2025, Pekan ke-4 Mata kuliah Kewirausahaan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro, disela perkuliahan mahasiswa diajak untuk memperaktikan bagaimana berwirausaha mode rumahan untuk pemula, kali ini pelatihan jatuh pada Es teh merupakan minuman tradisional yang telah lama menjadi bagian dari budaya Indonesia. Minuman ini sangat populer dan digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang segar dan harganya yang terjangkau menjadikan es teh sebagai pilihan minuman favorit bagi banyak orang. 


Menurut data dari Asosiasi Minuman Ringan Indonesia (ASRIM), konsumsi minuman teh di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, dengan pertumbuhan sebesar 5% pada tahun 2022. Usaha kecil dan menengah (UKM) Es Teh Indonesia telah berkembang pesat dan menjadi bagian penting dari industri minuman di Indonesia. Berdasarkan laporan dari Kementerian Koperasi dan UKM, UKM di sektor minuman menyumbang sekitar 10% dari total UKM di Indonesia pada tahun 2021.


Pada bulan Oktober ini cuaca Bojonegoro sangat panas pada siang hari, usaha Es Teh sangat menjanjikan, Popularitas Es Teh dibuktikan dengan banyaknya kedai es teh yang tersebar di seluruh penjuru pelosok Desa bahkan tiap gang ada  kedai yang berupa container bok, baik yang besar maupun kecil, menawarkan berbagai variasi es teh dengan rasa dan topping yang beragam. Hal ini menunjukkan bahwa es teh memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang. Tentunya harus memahami perubahan selera konsumen. Untuk dapat bertahan dan terus berkembang. 


Praktek pembuatan Es teh ini dipandu oleh Dosen Mata Kuliah sekaligus owner kedai Mas Paedjo Bapak Tariyono,M.Pd. menyampaikan kepada mahasiswa bahwa mata kuliah ini menekankan bahwa memulai usaha tidak harus yang besar dan modal yang banyak akan tetapi mampu membaca peluang dan kesungguhan dalam usaha. jika saudara merasa berat dalam memulai usaha, maka rabalah diri anda skil apa yang dimiliki.


Pelatihan membuat es teh ini diikuti 22 mahasiswa prodi PGMI, baik disemester 3 dan semester diatasnya dengan tujuan mengugah minat dalam usaha UMKM, kelak diharapkan mampu berwirausaha secara mandiri disela berkuliah, karena STITMubo perkuliahan dimulai jam 13.00, harapan yang lebih semoga  bisa membuat franchisee.


Berbagai kedai/container bok menawarkan minuman Es teh disegala pelosok Bojonegoro, maka amati tiru dan modifikasi (atm) motifasi kedua yang disampaikan dosen pembimbing, sedikit menganalisa berbagai jenis es teh yang sudah ada dengan rasa-rasa yang mixology, sehingga penikmat es teh mampu membedakan satu sama lainnya.


Penjual es teh memiliki ciri khas saat pembuatannya, mahasiswa diajari bagaimana cara memilih teh daun kemasan, mix bahan teh, cara perebusan  serta durasi perebusan teh dengan gula, setelah itu daun teh disaring dengan wadah tersendiri, dituangkan diwadah lainnya menunggu dingin lalu siap  kemas di cup ukuran 16.


Khoridatul Latifah selaku ketua kelas sekaligus penanggungjawab mata kuliah kewirausahaan sangat senang dengan praktek pembuatan minuman es teh, tahu cara membuat dengan khas tersendiri aroma dan rasa sangat mudah untuk dipraktekan, dengan harapan bisa memulai usaha disela-sela kuliah, kata mahasiswi asal dari Desa Sumberagung-Kecamatan Dander.


Setelah pembuatan dan di kemas selesai, maka yang pertama dilakukan mencari tester maka jatuhlah pada pada ibu Miftakhur Rizki,M.Pd sekaligus Kaprodi PGMI, mengapreseasi praktek pembuatan minuman, beliau sangat puas dengan hasil praktek membuat es teh, dengan warna yang pekat sedikit sepet dan manisnya tidak terlalu sampai habis manis dan rasa tehnya menyatu, sambal menyedot es teh yang digenggam, dengan memotivasi semoga mahasiswa prodi PGMI sukses dalam perkuliahan dan sukses merintis usaha UMKM mampu memanfaatkan strategi keunggulan es teh yang dijual.


Kontributor:Maria Ulfa/T.Thamrin

Berita Kampus

Tampilkan Berita Kampus

Informasi Mahasiswa

Tampilkan Informasi Mahasiswa